Kunjungan Kerja Kapolda Aceh Dan Pangdam IM Di Bener Meriah Dalam Rangka Launching Kampung Tangguh Covid-19 Dan Program Ketahanan Pangan

Kunjungan Kerja Kapolda Aceh Dan Pangdam IM Di Bener Meriah Dalam Rangka Launching Kampung Tangguh Covid-19 Dan Program Ketahanan Pangan

- in Humas
246
0

Tribratanewspolres Bener Meriah: bertempat di Kp.Umah Besi,Kec.Gajah Putih Kab.Bener Meriah telah tiba rombongan Kapolda Aceh Irjen Pol Drs.Wahyu Widada M.Phil bersama Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin S.I.P, MM beserta rombongan dalam rangka kegiatan kunjungan kerja Launcing Kampung Tangguh Covid-19 dan Program Ketahanan Pangan, kegiatan dilaksanakan sekira pkl.08.45 Wib.kamis”(09/07/2020)

kegiatan turut hadir Danrem 011/LW Kolonel Inf.Sumirating Baskoro, SE, Karoops Polda Aceh Kombes Pol Dedi Irianto, Kabid Propam Polda Aceh Kombes Pol Iskandar, Kabid Tipol Polda Aceh Kombes Pol Bambang Syafrianto.S.I.K, Mewakil Gubernur Aceh Azhari (Kepala BPMG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong) Aceh, Bupati Bener Meriah Tgk.H.Sarkawi, Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf.Valyan Tatyunis, Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo Adi Wijaya,S.I.K, Kajari Bener Meriah Agus Suroto,SH.MH. Wa Asops Kodam IM Letkol Inf.Awang, Danden Intel Kodam IM Mayor Inf.Kurniawan, Kasi Intel Rem 011/LW Mayor Inf Teuku Ridwansyah, Kasmin Kodam IM Mayor Inf Suyatno, Sekda Kab.Bener Meriah Drs.Haili Yoga,M.Si. Anggota DPRA Salihin (Partai PKB), Anggota DPRA Bardan Sahidi (Partai PKS), Dokter Pangdam IM Lettu CKM dr.Satria. Ketua DPRK Bener Meriah, Wakil Ketua 1(Satu) DPRK Bener Meriah, Wakil Ketua 2(Dua) DPRK Bener Meriah, Ketua MPU Kab.Bener Meriah, Para Asisten Setdakab.Bener Meriah. para Kabag Setdakab.Bener Meriah. Para Kepala SKPK se Kab.Bener Meriah.

Sambutan Bupati Bener Meriah a.n. Tgk. H. Sarkawi antara lain kabupaten Bener Meriah merupakan salah satu kabupaten yang ada di aceh yang terdampak covid 19, baik secara kesehatan lebih-lebih perekonomian. Kita menyadari bahwa, merupakan wabah yang paling memberi covid 19 dampak negatif dalam kehidupan sampai saat ini, Betapa tidak, wabah ini telah merusak tatanan perekonomian yang kian makin memburuk, merubah pola aja kehidupan bahkan sampai kepada tatanan &an peribadahan keagamaan. namun tentu saja hal ini tidak menyurutkan semangat hidup kita.Karena kita berkeyakinan bahwa setiap persoalan itu merupakan sebuah tantangan memberi hasil terbaik, dengan catatan kita harus secara bersama-sama dan bersungguh-sungguh menyelesaikannya.

Kemarin di awal pandemi covid-19 di Kabupaten Bener Meriah ini, ada pukulan ekonomi, karena sejak itu keran ekspor terganggu khususnya kopi. Kita diskusi dengan teman-teman untuk membuat sebuah upaya penguatan ketahanan pangan sambil melakukan physical distancing. Bener Meriah melakukan inovasi besar. warga Bener Meriah tidak terisolasi di rumah, tapi diajak produktif dengan berkebun sekaligus menerapkan physical distancing, yang program sejalan dengan pencegahan penularan virus corona. di kebun mereka rata-rata bisa menanam sesuatu, mungkin mereka punya kendala tidak punya bibit.
Maka kita masuk dengan program ketahanan pangan. Social distancing dan ketahanan pangan dilakukan secara bersamaan. Kebetulan di desa-desa kita program-program strategis, ini semua kita revisi, kita arahkan ke tiga desa, punya sektor, penanganan covid di bantuan langsung tunai (BLT), dan ketahanan pangan. ini yang kita lakukan pada seluruh masyarakat Bener Meriah sesuai dengan imbauan tentang ketahanan pangan mengenai ada potensi krisis pangan.
Mengenai program ketahanan pangan yang akan diberikan kepada seluruh masyarakat di Bener Meriah. dalam setiap keluarga akan di bantu senilai rp. 500.000, ini dalam bentuk bahan baku seperti padi, jagung, kacang-kacangan, kentang, ayam, bebek dan lain-lain yang semuanya ada 11 komoditi, dan program ini sudah berjalan. tujuan program ini agar masyarakat tidak melakukan kerumunan dan selalu melakukan social distancing dengan berkebun. ini salah satu sebagai inovasi di Bener Meriah. Penangan covid-19 walaupun ini sedikit sulit karena banyak masyarakat berbeda ingin instan. yang pemahaman, kalau kita kaji ulang, ada beberapa jenis bantuan pemerintah yang sifatnya konsumtif yaitu, PKH, BPNT, BST, Bantuan Dari Baitul Mal, CBP, bantuan sembako. satu produktif jenis bantuan yang sifatnya yaitu ketahanan bantuan pangan berupa bibit, ternak, pakan dan pupuk, yang semuanya ini tentu kita sadari tidaklah cukup karena hanya senilai 500.000, namun kita juga harus menyadari bahwa ini hanyalah sebuah stimulan, dorongan dan sentuhan sebagai wujud kehadiran pemerintah ditengah-

tengah sulitnya perekonomian masyarakat. Kami berharap bahwa dengan bantuan ini, bisa dikelola dengan baik yang Insha Allah merupakan wujud rasa syukur kita maka Allah akan menambah keberkahan dari setiap yang kita hasilkan. kita juga harus tetap bersyukur, Bener Meriah merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki tanah yang cukup subur, sehingga tidaklah salah apabila kita manfaatkan tanah yang subur ini untuk kesejahteraan kita dan keberlangsungan generasi kita.
Sambutan Plt Gubernur Aceh a.n. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh a.n. Azhari SE, M.Si yang intinya :
Kami menyampaikan permohonan maap bapak PLT Gubernur Aceh karena tidak bisa hadir di tengah -tengah kita, Karena adanya kesibukan kegiatan Dinas yang tidak bisa ditinggalkan. Kegiatan Dana Desa sudah di salurkan oleh pemerintah semenjak tahun 2013 tentunya hal itu dilakukan agar terjadi pemerataan pembangunan di setiap Desanya.
Hal tersebut tentunya harus disikapi positif oleh setiap Desanya karena Dana Desa yang telah disalurkan oleh pemerintah demi kemajuan setiap Desa yang ada di Provinsi Aceh Khususnya dan seluruh Desa yang ada di Indonesia umumya agar tidak adalagi Desa yang tertinggak. Kita patut bersyukur untuk Kab. Bener Meriah menjadi salah satu Kabupaten yang telah melakukan penyerapan/ pencairan Dana Desa tepat waktu.Untuk tahun 2021 pemerintah Aceh akan meloncing Desa percontohan yang mandiri baik dari segi Ekonomi mupun yang lainya yang akan kita bina agar dapat menciptakan lapangan usaha sendiri.

Sambutan Kapolda Aceh Irjen Pol Drs.Wahyu Widada M.Phi menyampaikan ucapan terimakasih saya kepada Bupati beserta unsur porkopimda dan Masyarakat yang berhadir diacara ini. kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting terlebih dalam mengahadapi Covid -19 karena bukanhanya kesehatan yang terdampak namun ekonomi juga menjadi terdampak/terggangu.dengan dibentuknya Kampung tangguh ini menjadi salah satu motor untuk kita mempertahankan ekonomi kita baik dari segi pangan maupun kebutuhan lanya.

ambutan Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P.,M.M menyampaikan ucapan terimakasih saya kepada Bupati beserta unsur porkopimda dan Masyarakat yang berhadir diacara ini, yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan Nasional yang dilakukan diseluruh Wilayah Indonesia terkait ketahanan pangan dalam rangka penanganan Covid -19. terlebih Bupati Bener Meriah tadi menyampaikan Dampak Ekonomi yang terjadi akibat Covid -19 yang telah menggangu roda perekonomian masyarakat yang mayoritas masyarakat nya merupakan petani baik sebagai petani kopi maupun sebagai petani sawah,Dengan anjlok harga komoditi kopi masayarakat Bener Meriah, tentu hal tersebut harus kita sikapi dengan bijak dengan melakukan inovasi baru

selanjutnya Loncing Program ketahanan pangan, penyerahan Bibit, pupuk dan Pakan, penampilan Kesenian Didong (salah satu) yang dibawakan oleh group Didong Sangar Umah Besi.(humas BM/gun’s)”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Siswa Siswi SMA/SMK Bener Meriah Melaksanakan Zoom Meeting Dengan Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil Di Aula SMA Negeri 3 Timang Gajah

TRIBRATA NEWS POLRES BENER MERIAH- Personel Satlantas Polres