Rapat Sosialisasi Rencana Pembangunan Pada Daerah Genangan Bendungan Kroeng Keureuto Di Kec. Syiah Utama Kab. Bener Meriah

Rapat Sosialisasi Rencana Pembangunan Pada Daerah Genangan Bendungan Kroeng Keureuto Di Kec. Syiah Utama Kab. Bener Meriah

- in Humas
193
0

Tribratanews Polres Bener Meriah: Pada hari Senin tanggal 03 Februari 2020 sekira pukul 11.30 Wib, telah dilaksanakan Rapat Sosialisasi Rencana Pembangunan pada Daerah Genangan Bendungan Kroeng Keureto di Kec. Syiah Utama Kab. Bener Meriah di Balai Musyawarah Kp. Rusip Kec. Syiah Utama Kab. Bener Meriah. Selasa (04/02/2020)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Asisten I Kab Bener Meriah an. Drs. Mukhlis, Kadis pertanahan Kab. Bener Meriah an. Mahfudah, SH, MH.Camat Syiah Utama yang diwakili oleh Sekcam.Kapolsek Syiah Utama yang diwakili Babinkamtibmas an. Brigadir Sahyudi Efrizal. Danramil yang diwakili oleh Babinsa an. Sertu Ahmar. Kabag Hukum Pemda Kab. Bener Meriah an. Dade. Kabag Tata Pemerintahan Pemda Kab. Bener Meriah an. Khairmansyah. Reje Kampung Rusip an. Arifin. Mantan Anggota DPRK Bener Meriah an. Sarbinari Als Mangki. Masyarakat Pemilik lahan Genangan Keurong Keureuto baik dari Kec. Syiah Utama Kab. Bener Meriah maupun dari masyarakat Kab. Aceh Utara -+ 30 orang.

Adapun Rangkaian Kegiatan pada sosialisasi tersebut :

Sambutan asisten 1 Kab Bener Meriah Drs. Muklis sbb :

  • Kami pemerintah Kab. Bener Meriah melaksanakan silaturahim dengan warga aceh utara dan Bener Meriah
  • Sosialisasi kepanitian ini untuk pengadaan tanah Genangan Bendungan krueng keureuto
  • Dengan adanya pembangunan Bendungan ini hubungan antara Kab Bener Meriah dengan Kab Aceh Utara Menjadi lebih erat dikarenakan Nantinya sudah dapat dilintasi dengan mudah.
  • Proyek Nasional ini memberi manfaat sangat besar Untuk Masyarakat Sekitar Bendungan dan bukan hanya Masalah pembebasan lahan yang akan di laksanakan nantinya.
  • Bendungan ini nantinya direncanakan untuk tempat kunjungan wisata Yang dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat Kab Bener Meriah dan Kab Aceh Utara
  • Fasilitas Jalan Sebagai akses Ke Bendungan nantinya akan diperbaiki oleh Pemerintah.
  • Kegiatan ini yang Rencana awalnya di lakukan Di Kab Bener Meriah namun Masyarakat Pemilik Lahan Pembebasan Lebih Banyak Dari Kab Aceh Utara dan setelah dilakukan Koordinasi dengan pihak terkait dan Kegiatan ini dilaksanakan di Kab.Aceh Utara.
  • Untuk lahan Genangan Bendungan Krueng Keureuto sebanyak 159,94 Hektar yang akan di ganti rugi setelah di lakukan survey dan menyelesaikan Surat menyurat Kepemilikan tanah sesuai dengan Hukum dan undang undang yang Berlaku.

Penyampaian salah seorang pemilik lahan an. Sarbinari Als Mangki antara lain :

  • Tahun 2016 selaku anggita Komisi A DPRK Bener Meriah dikasih tugas oleh DPRK untuk monitor pembangunan Bendungan krueng keureto.
  • Dari hasil monitoring tersebut disimpulkan bahwa Surat kepemilikan tanah yang terkena dampak yang masuk wilayah Kab. Bener Meriah baik yang dimiliki oleh masyarakat luar Kab. Bener Meriah harus berurusan Administrasi di Kab. Bener Meriah khususnya Kp. Rusip Kec. Syiah Utama Kab. Bener Meriah.
  • Setelah hal tersebut ditekankan kepada pemilik tanah mulailah para Pemilik tanah yang bukan masyarakat Kab. Bener Meriah mengurus Administrasi tanah ke Kepala Desa Kec. Syiah Utama Kab. Bener Meriah termasuk masyarakat di Kec. Syiah Utama Kab. Bener Meriah.
  • Kemudian timbul permasalahan bahwasanya ada beberapa masyarakat baik dari Kab. Bener Meriah maupun dari luar Wilayah Kab. Bener Meriah yang berbentuk kelompok masyarakat saling klaim kepemilikan tanah yang terkena dampak pembangunan bendungan Keureto.
  • Mengharapkan kepada Assisten I serta instansi terkait agar memanggil para reje Kampung di Kec. Syiah Utama untuk memperjelas status tanah yang terkena dampak bendungan untuk menghindari konflik antar masyarakat pemilik tanah yang saling klaim.(ulf39)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

KASAT LANTAS POLRES BENER MERIAH PASANG STIKER KENDARAAN YANG MELINTAS

Kasat lantas Polres Bener Meriah, Polda Aceh, Iptu